Shin Tae Yong Menuju Laga ke-50 Bersama Garuda

Garuda
Shin Tae Yong akan jalani laga ke-50 bersama Timnas Indonesia.

JAKARTA, ONtime.ID – Pertandingan tandang Tim Nasional (Timnas) Indonesia melawan Bahrain di Kualifikasi Piala Dunia 2026 akan menjadi laga ke-50 bagi Shin Tae Yong (STY) di level senior.

Shin yang resmi menjadi pelatih Timnas Indonesia pada akhir 2019 itu sebelumnya sudah mengarungi 49 pertandingan di berbagai laga, baik uji tanding, ajang kualifikasi, maupun putaran final macam Piala Asia.

Menurut catatan statistik yang dikutip dari Transfermarkt, pertandingan pertama STY sebagai pelatih Indonesia adalah pada laga uji tanding melawan Oman. Dalam pertandingan yang berlangsung pada 29 Mei 2021 itu, Indonesia kalah 1-3. Setelah kalah dari Oman, Shin mengantar Indonesia mengimbangi Thailand dan kemudian kalah pada Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Kemenangan pertama Shin bersama Timnas Indonesia terjadi pada laga keempat yang berlangsung pada 7 Oktober 2021 yakni dalam Kualifikasi Piala Asia 2023. Ketika itu Indonesia menang 2-1 atas Taiwan.

Secara total selama STY berada di balik kemudi, Timnas Indonesia menang 24 kali, imbang 12 kali dan kalah 13 kali. Dalam 49 pertandingan tersebut, Skuad Garuda mencetak 97 gol dan kebobolan 62 kali.

Jika kemenangan diganjar tiga poin dan imbang mendapat satu poin, maka Indonesia bersama Shin Tae Yong mengantongi 84 poin. Jika dirata-rata maka perolehan poin ada di angka 1,71 per pertandingan.

Kemenangan terbesar Timnas Indonesia selama berada di bawah arahan Shin Tae Yong adalah ketika menang 7-0. Ada dua kemenangan dengan skor serupa, yakni atas Nepal dalam laga Kualifikasi Piala Asia 2023 dan atas Brunei Darussalam pada ajang Piala AFF 2022.

Sementara kekalahan terbesar diderita Timnas Indonesia saat kalah 0-4 dari Vietnam, Thailand, dan Australia serta 1-5 dari Irak. Kini Shin dalam misi mengantarkan Indonesia berlaga di fase ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Dari dua laga yang telah dijalani, Skuad Garuda meraih dua hasil imbang melawan Arab Saudi dan Australia. Selanjutnya Rizky Ridho dan kawan-kawan bakal menghadapi Bahrain pada 10 Oktober dan China pada 15 Oktober. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *