Desa Binaan Sido Muncul Raih Penghargaan Proklim

sido
Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat, bersama penghargaan Program Kampung Iklim (Proklim) Utama dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia, akhir pekan lalu.

JAKARTA, ONTIME.ID – Salah satu desa rempah binaan PT Industri Jamu Dan Farmasi Sido Muncul Tbk, yakni Desa Manggihan, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, berhasil meraih penghargaan Program Kampung Iklim (Proklim) Utama dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia.

Proklim merupakan program yang dicetuskan KLHK untuk menilai keterlibatan masyarakat desa dalam melakukan adaptasi dan mitigasi perubahan iklim, serta penurunan emisi gas rumah kaca. Program tersebut terbagi menjadi tiga tahapan kategori, yakni Proklim Madya, Proklim Utama, dan Proklim Lestari. Desa Manggihan sendiri sudah melewati Proklim Madya dan berhasil mendapatkan Proklim Utama.

Dari 1.093 desa di seluruh Indonesia yang lolos tahap verifikasi Proklim, sebanyak 12 desa berhasil mendapatkan Proklim Lestari. Kemudian, sebanyak 55 desa mendapat Proklim Utama, termasuk Desa Manggihan, dan sebanyak 313 desa meraih Proklim Madya.

Kepada media, Jumat (28/10), Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat menyampaikan apresiasi untuk seluruh perangkat Desa Manggihan atas keberhasilan mencapai tahapan Proklim Utama. Selain pembinaan yang diberikan Sido Muncul, menurut Irwan, faktor lain yang juga membantu kemajuan Desa Manggihan dan desa-desa lain di seluruh Indonesia adalah Program Dana Desa milik pemerintah.

Irwan Hidayat merasa bangga dan mengapresiasi UU Desa tentang Desa digagas Budiman Sudjatmiko pada 18 Desember 2013. Menurut Irwan, adanya UU Desa tentang Desa bukan sekadar dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, tapi juga membuat desa-desa di Indonesia memiliki landasan hukum, ketika ingin melakukan pengembangan dan pemberdayaan masyarakat.

“Sejak disahkan UU Desa tentang Desa, desa-desa di Indonesia pembangunannya jadi lebih maju. Gagasan (dari Budiman) ini adalah ide yang sangat bagus sekali. Dengan adanya itu, saat ini ada 74 ribu desa di Indonesia yang punya landasan dan masyarakat juga dilibatkan sebagai pelaksanaan dana desa,” jelas Irwan di Kantor Sido Muncul, Jakarta akhir pekan kemarin.

Di kesempatan yang sama, Sekretaris Desa Manggihan, Antun Sari juga menyampaikan terima kasihnya kepada Sido Muncul, atas pembinaan yang selama ini dilakukan.Menurut Antun Sari, sejak tahun 2020, Sido Muncul menjadi pintu pembuka bagi Desa Manggihan untuk mulai membina dan mendampingi desa mereka, hingga saat ini. (*/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *